Mengganti Karakter pada Nama File Secara Bersamaan

Halo!

Kali ini saya akan membagikan tips tentang pengubahan nama file (rename) secara massal untuk banyak file. Untuk mengganti nama dari banyak file secara bersamaan (secara otomatis nama file menjadi sama dengan tambahan nomor urut di belakangnya) dapat dilakukan dengan mudah:

  • Tandai file yang akan diganti namanya
    Sebagai contoh semua file dalam satu folder akan diubah namanya, maka tekan saja kombinasi tombol CTRL+A untuk menandai semua file
  • Klik kanan pada salah satu file tersebut, atau tekan F2
  • Masukkan nama baru, kemudian tekan ENTER, maka otomatis file-file tersebut akan berubah dengan satu nama yang berurutan

Namun bagaimana jika saya hanya ingin mengganti karakter tertentu namun pada semua file dalam sebuah folder tersebut? Jika dengan cara diatas, maka semua nama file akan menjadi mirip, padahal yang saya inginkan mereka tetap memunyai nama yang unik.

Kondisi saat ini:

1969_UU-11-TH-1969_PENSIUN-PEGAWAI-DAN-PENSIUN-JANDA-DUDA-PEGAWAI.pdf

Saya ingin mengganti underscore(_) menjadi dash(-), dan dash menjadi underscore (ditukar) sehingga nantinya menjadi seperti ini:

1969-UU_11_TH_1969-PENSIUN_PEGAWAI_DAN_PENSIUN_JANDA_DUDA_PEGAWAI.pdf

Setelah saya cari di internet, saya menemukan cara untuk me-replace karakter pada nama file melalui powershell (karena kebetulan saya menggunakan PC ber-OS Windows). Kemudian cara yang saya gunakan untuk mengganti karakter tersebut adalah:

  1. Mengganti dash menjadi spasi,
  2. Mengganti underscore menjadi dash, dan
  3. Mengganti spasi menjadi underscore

Berikut cara melakukan rename file secara massal melalui powershell:

  • Buka Start menu, ketikkan powershell, kemudian pilih Windows Powershell
    powershell0
  • Pindah ke direktori dimana file berada, contohnya saya masuk ke folder yang ada di drive D
     cd "direktori yang dituju"
     cd "D:\yayok\dokumen web\Peraturan Eksternal"
  • Kemudian untuk mengganti karakter, ketikkan perintah berikut:
     Dir | Rename-Item -NewName { $_.name -replace "karakter_lama","karakter_baru" }
     Dir | Rename-Item -NewName { $_.name -replace "-"," " } -> untuk mengganti dash menjadi spasi
     Dir | Rename-Item -NewName { $_.name -replace "_","-" } -> untuk mengganti underscore menjadi dash
     Dir | Rename-Item -NewName { $_.name -replace " ","_" } -> untuk mengganti spasi menjadi underscore

    powershell1
    Tampilan Windows Powershell
  • Hasil dapat dilihat pada Windows Explorer

    powershell2
    Hasil file yang sudah direname

Semoga bermanfaat :)


Sumber: How-To Geek

4 pemikiran pada “Mengganti Karakter pada Nama File Secara Bersamaan

Tinggalkan komentar